Seminar Nasional “Eksistensi Perpustakaan Perguruan Tinggi melalui Jejaring dan Kolaborasi dalam Menunjang Mutu Pendidikan”

Pengembangan dan eksistensi perpustakaan perguruan tinggi membutuhkan banyak kolaborasi melalui berjejaring dengan institusi, perpustakaan lain serta forum/asosiasi terkait guna mendukung Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), karena pendidikan atau proses pembelajaran tidak sekedar dilakukan di dalam kampus tetapi juga diluar kampus. Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur dengan komitmen networking, sharing and caring berupaya meningkatkan mutu perpustakaan dan kepustakawanan guna mendukung pembelajaran dan penelitian di perguruan tinggi.

Read More

Webinar Internasional “Social Inclusion-Based Library Transformation: Empowering SDGs in Indonesia and Malaysia”

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Perpustakaan
Anggota FPPTI Jawa Timur
Di Tempat
Dengan hormat,
Berikut kami sampaikan Undangan Webinar Internasional “Social Inclusion-Based Library Transformation: Empowering SDGs in Indonesia and Malaysia”, FPPTI Jawa Timur bekerja sama dengan Persatuan Pustakawan Malaysia (PPM), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur serta Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dilaksanakan pada :
🗓️ : Rabu, 20 Desember 2023
🕗 : 09.00 – Selesai WIB
🏫 : Via Zoom
Form Pendaftaran: https://bit.ly/WebinareastJavappm23
💰 : Gratis & e-Sertifikat
☎️ : Dyana – +62 858-1555-6393
Zawawi – +62 858-5146-8524

Salam,
Networking, Sharing and Caring
A/N FPPTI Jawa Timur

Read More

Prestasi Membanggakan FPPTI JATIM di KPTTI

Pada tanggal 1 sampai 3 November 2023 – FPPTI bekerjasama dengan UNIKA Soegiyopranoto Semarang menyelenggarakan Konferensi Internasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (KPPTI) yang ke II sekaligus final lomba Indonesian Academic Librarian Award dan Academic Innovation Library Award tahun 2023.

Seminar Internasional dihadiri oleh Lee Cheng Ean dari National University of Singapore, Prof.Dr.Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc, M.B.A, M.Phil., M.A selaku Rektor Universitas Pradita, Safirotu Khoir, Ph.D dari Universitas Gadjah Mada dan keynote speaker oleh Prof Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D Kemendikbudristek. Dilanjutkan dengan workshop Upscaling Academic Library Resources as a Strategy to Navigate the Post Pandemic era, digital Transformation and Society 5.0 in the Interconnected World terbagi dalam tiga sesi. Dan Call for Paper terbagi dalam beberapa ruang yang dapat dipilih dan diikuti oleh peserta.

Kegiatan berlanjut dengan final lomba Indonesian Academic Librarian Award dan Academic Innovation Library Award tahun 2023. Alhamdulillah perwakilan dari FPPTI Jawa Timur telah berprestasi membanggakan dengan meraih juara sbb :

  1. Juara 2 Indonesian Academic Librarian Award dimenangkan oleh Retno Widiyastuti dari Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang.
  2. Juara 3 Academic Innovation Library Award dimenangkan oleh Tim Perpustakaan Universitas Surabaya.

Pengurus FPPTI Jawa Timur mengucapkan terimakasih kepada para finalis atas perjuangan dengan hasil membanggakan, Semoga dapat memotivasi semua rekan-rekan khususnya Jawa Timur untuk selalu berkreasi dan berinovasi.

Salam
Networking, Sharing and Caring

Seminar Internasional “Innovation in Academic Library: Empowering SDGs & Driving Digital Transformation and Society 5.0” dan Outstanding and Innovative East Java’s Librarians and Libraries presentation

Sabtu, 16 September 2023 – FPPTI Jawa Timur bekerjasama dengan Universitas Merdeka Malang menggelar kegiatan Seminar Internasional dan dilanjutkan dengan presentasi para Finalis Outstanding & Innovative East Java Librarians & Libraries Presentation (EVALA dan EVALIA tahun 2023).

Seminar Internasional diramaikan dengan kehadiran Pak Ghazali Mohamed Fadzil, Ph.D selaku president PPM dari malaysia dan Pak Ida Fajar Priyanto, Ph.D dari UGM dengan tema Innovation in Academic Library : Empowering SDGS & Driving Digital Transformation and Society 5.0.

Read More

FPPTI JATIM AWARD : EVALA dan EVALIA 2023

Perkembangan di era transformasi digital saat ini, mendorong perpustakaan dan pustakawan untuk memahami penggunaan teknologi dalam konteks perpustakaan dan mengidentifikasi peluang inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Tantangan yang saat ini dihadapi perpustakaan dan pustakawan pada era new normal adalah melakukan implementasi dan mendukung penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dapat dilakukan di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Penerapan SDGs di Perpustakaan dapat meliputi peningkatan layanan, koleksi, pemenuhan kebutuhan literasi pada sivitas baik literasi informasi dan digital serta kemudahan akses informasi di perpustakaan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Menjawab tantangan pengembangan perpustakaan perguruan tinggi dengan menerapkan SDGs, yang sejalan dengan program kerja FPPTI Jawa Timur yang berkomitmen untuk mengembangkan serta memajukan perpustakaan dan pustakawan perguruan tinggi, salah satunya terkait dengan pengembangan sistem otomasi perpustakaan. Salah satu program FPPTI Jawa Timur adalah memberikan penghargaan kepada pustakawan dan perpustakaan anggota FPPTI Jawa Timur. Pada kesempatan ini FPPTI Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan East Java Academic Library Innovation Award (EVALIA) dan East Java Academic Librarian Award (EVALA) dengan tema “Innovation in Academic Library: Powering SDGs & Driving Digital Transformation and Society 5.0”.

Read More